Fakta Menarik Tentang Tahun Baru (Happy New Year 2017)

 
Sebagai sebuah perayaan besar, orang-orang masih tidak banyak tahu fakta dan cerita di balik tahun baru. Mereka berpesta pora demi mengingat bahwa waktu terus berjalan, tanpa banyak mengerti kearifan di balik semua itu. Tidak salah memang, tapi ada baiknya kamu juga mengetahui bahwa acara yang kamu ramaikan itu punya sejarah panjang. Beberapa bahkan menjadi tonggak penting dalam peradaban lho.
Berikut ini adalah sedikit informasi terkait fenomena tahun baru, supaya kamu tahu lebih banyak.

Dirayakan Pertama Kali pada Tahun 45 SM


Julius Caesar, pencetus penanggalan masehi. – via rawstory.com
Sekitar 4.000 tahun lalu, setelah dinobatkan sebagai kaisar Roma, Julius Caesar memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad VII SM. Bersama Sosigenes, seorang astronom dari Iskandariyah, Julius Caesar mendesain kalender baru ini. Sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir, mereka membuat penanggalan ini dibuat dengan mengikuti revolusi matahari.
Bulan Januari disebut sebagai awal bulannya, merujuk pada Dewa Janus. Janus punya dua wajah, satu melihat ke depan dan satu lagi melihat ke belakang. Caesar merasa bulan yang dinamakan merujuk dewa ini akan membawa keberuntungan. Dalam penanggalan itu, ada sebanyak 365 seperempat hari dalam setahun. Pada tahun 45 SM, Caesar menambahkan 67 hari agar tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Kelahiran penanggalan baru Julius Caesar itu menandai perayaan tahun baru di seluruh dunia.

Negara Pertama yang Merayakan Tahun Baru 2016: Samoa


Letak geografis Samoa – via careershapers.wordpress.com
Berdasarkan worldtimezone.com, Samoa adalah negara pertama merayakan tahun baru 2016. Samoa merupakan salah satu negara kepulauan di Samudera Pasifik, terletak tidak jauh dari Australia dan Selandia Baru. Negara ini terkenal dengan pantai tropisnya yang mempesona dan sering menjadi destinasi wisata. Wilayah lain yakni Kiribati di Christmas Island juga berbagi posisi dengan Samoa sebagai daerah pertama yang mencapai tahun baru 2016.
Lalu bagaimana Indonesia? Ternyata Indonesia, bersama Jepang, Korea Selatan, Russia, dan Timor Leste, masuk urutan kesembilan yang merayakan tahun baru.
 
Selamat Tahun Baru 2017!


Komentar

  1. 匚工匚工れム れ丹SKㄥモれム 匚工れムモれモ れ丹れ工

    BalasHapus
  2. M⃠a⃠j⃠o⃠r⃠.D⃠o⃠ n⃠o⃠t⃠ l⃠i⃠k⃠e⃠ y⃠o⃠u⃠. H⃠e⃠ g⃠o⃠i⃠n⃠g⃠ t⃠o⃠ C⃠a⃠u⃠g⃠h⃠t⃠ y⃠o⃠u⃠. S⃠e⃠r⃠s⃠a⃠n⃠.N⃠u⃠s⃠t⃠y⃠.V⃠i⃠r⃠u⃠s⃠e⃠s⃠

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Tempat Instagram-able Di Bali | Febrina's Blog

Ternyata ini makna di balik lagu 'Havana' Camila Cabello, nggak nyangka

Ini Dia Cara Membuat Lip Scrub yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah